Follow Us @soratemplates

Friday, February 1, 2019

Roti Cream Cheese


Seperti postingan saya sebelumnya, membuat roti memang membutuhkan ketelitian dan teknik yang gak gampang, menurut saya lhoo..yang benar-benar newbie urusan pembuatan roti.  Karena sampai sekarang saya merasa belum berhasil bikin roti yang maknyussss dan memuaskan.  

Membuat roti membutuhkan bahan yang tepat, yaitu tepung terigu protein tinggi (13-14 %).  Kandungan/kadar protein dalam tepung terigu biasa kita sebut Gluten, bersifat  tidak larut dalam air , kenyal  dan elastis.  Semakin tinggi kadar proteinnya maka kadar glutennya juga semakin tinggi . Gluten berfungsi untuk menahan adonan saat mengembang sehingga strukturnya kuat dan tidak kempis kembali.

Bahan lain yang tak kalah penting adalah penggunaan mentega/butter. Butter dipilih karena lebih sehat, dibuat dari lemak hewani (susu sapi) , walaupun harganya memang relative lebih mahal.  Penggunaan butter menghasilkan roti yang lembut, harum dan lezat.

Next practice saya bikin Roti cream cheese.



Berikut bahannya :
325 g Terigu pro tinggi
40 g Butter
7 g ragi aktif
180 ml Susu
1 telur
50 g Gula
Garam
Cream Cheese ( isian )

Cara membuat
Pertama kali saya selalu check keaktifan raginya dulu dengan cara mencampur air hangat/susu dengan sedikit gula, sisihkan dulu.
Next campurkan tepung, gula,garam, butter dan larutan ragi. Tambahkan telur dan susu . Dilihat kelembekan adonan, jadi bahan cair menyesuaikan. Uleni terus hingga kalis. Bisa menambahkan tepung sebagai taburan (jangan banyak-banyak)



Bulatkan adonan, lalu tutup dengan serbet bersih, istirahat kan adonan hingga mengembang 2xlipat....setelah mengembang 2 x lipat uleni adonan sebentar untuk membuang gas di adonan, lalu bagi adonan timbang masing-masing 40 gr.



Pipihkan adonan...isi dengan cream cheese bulatkan adonan sambil dicubit pada sambungannya.

Panggang hingga matang , jangan lupa diberi olesan butter dan madu setelah keluar dari oven.


No comments:

Post a Comment